Breaking News

Tak Biasanya, Mobil Tangki Biru Angkut BBM Ke SPBU Enggano, Diduga Langgar SOP.

 

Jakarta | ChakraNews.id Tak Biasanya, Mobil Tangki Biru mrengangkut BBM Ke SPBU Enggano, diduga melanggar SOP pasalnya dari pantauan media ini terlihat mobil tangki  berwarna biru pengangkut BBM ke penyalur SPBU Enggano, Kecamatan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Minggu (12/03/2023).

Apakah ini kebijakan baru yang dibuat pihak Terminal Bahan Bakar Minyak (TBBM) PT Pertamina Jakarta Utara?, pasalnya menurut salah satu tokoh masyarakat Andi Tan biasanya kalau pengiriman untuk SPBU harus memakai mobil Tangki yang berwarna merah putih ¹sesuai dengan  standar operasional pertamina (SOP).

”Kalaupun ada perbantuan dengan menggunakan mobil tangki biru putih biasanya ada stiker bertulikan bantuan operasional seperti hari-hari besar, juga ada surat permintaan resmi dari PT. Pertamina,” jelasnya.

Achmadi, SE selaku ketua umum LIPBB Migas menanggapi terkait Mobil tangki pengisian SPBU yang tidak ada Lambang Patra Niaga.

“Saya Curiga, kuat dugaan saya minyak dari luar dijual ke SPBU dengan harga murah,” ucapnya.

Ia juga menduga  masih adanya kapal -kapal yang menjual minyak ke SPBU, Jadi kalau masalah BBM di Pemerintahan Indonesia masih banyak musuh dalam selimut yang melakukan hal-hal yang tidak benar.

“Saya minta kepada pihak pertamina jika ada media ataupun LSM yang hendak konfirmasi terkait temuan dilapang harap diterima dengan baik, jangan menghindar dan jika menghindar patut dicurigai,” Tandas ketua umum LIPBB Migas

“tidak ada hubungannya dengan kebakaran pertamina plumpang, karna yang terbakar hanya rumah dan warga tidak ada armada yang terbakar, jadi itu perbantuan untuk apa,” Gumamnya.

ia juga meragukan surat jalannya dan ia menduga surat jalannya itu editan.

Pihak Terminal pengisian Bahan Bahan Bakar minyak Plumpang  Jakarta Utara saat ini membuat kebijakan baru, BBM untuk SPBU diangkut mobil tangki berwarna Biru Putih dan tidak ada tulisan berlogo pertamina CQ PT Patra Niaga  di lambung mobil Tangki pengangkut Bahan Bakar Minyak,  Padahal biasanya BBM untuk SPBU diangkut mobil tangki  berwarna merah putih yang juga mengangkut BBM bersubsidi ke setiap SPBU. Sedangkan mobil tangki berwarna Biru Putih biasanya mengangkut BBM Non Subsidi untuk industri  dan perkapalan juga disertakan nomor register dari BPH Migas.

Ketika dijumpai awak media Andi selaku pengawas SPBU Enggano ia mengatakan mobil tangki biru putih itu hanya mengirim saja ke SPBU Enggano, biasanya sih warnanya merah putih mobil tangkinya.

“Terkait mobil tangki warna biru putih yang tidak ada tulisan pertaminanya, itu hanya bantuan mungkin armadanya kurang disana dan pertamina minta bantuan ke PT. Mertju dan PT Indah Prakasa Sentosa.

“Manager sedang tidak ada ditempat, tadi sedang keluar,” Tukasnya.

Sainan, driver mobil tangki, menuturkan pengiriman hanya dikasih surat jalan saja, ini memang mobil industri namun semua PT dipakai untuk perbantuan pertamina karena kekurangan armada yang warna merah putih.

“Saya hanya bantuan satgas dan ini sudah berjalan dua mingggu sejak terjadi kebakaran depo pertamina plumpang,” ujarnya.

Bukan PT Mertju dan PT indah prakasa Sentosa saja, tapi semua PT dimintai untuk perbantuan pengisian di SPBU .

Achmadi, SE selaku ketua umum LIPBB Migas menanggapi terkait Mobil tangki pengisian SPBU yang tidak ada Lambang Patra Niaga.

“Saya Curiga, kuat dugaan saya minya dari luar di jual ke SPBU dengan harga murah,” ucapnya.

”Kalaupun ada perbantuan dengan menggunakan mobil tangki biru putih biasanya ada stiker bertulikan bantuan operasional seperti hari-hari besar. Juga ada surat permintaan resmi dari PT. Pertamina,” Jelasnya.

Pada hari Rabu, 15/03/2023 awak media ingin mengkonfirmasi ke PT. Pertamina Regional Wilayah 1 yang beralamat di Jalan kramat Raya  Namun ditolak masuk oleh  Zulkifli  selaku Danru Security.

”Pimpinan dan manager sedang tidak ada di tempat, di atas tidak ada orang, semua sedang berkunjung ke Pertamina Plumpang, perintah atasan, wartawan tidak diperbolehkan masuk,” ucapnya ketus.

(dar/ari)

 

 

 

 

 

 

 

 

Avatar photo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *