Breaking News

Sangat bagus sekali kerja sama antara komunitas perempuan berkebaya dan komunitas ina gandong yang memperkenalkan budaya menyedot papeda yang nantinya akan diusulkan warisan budaya sebagai tak benda dunia bersama sama dengan Belanda, ungkap Ketua Harian Komisi Nasional Indonesia untuk Unesco Prof Itje Prof Itje Chodijah di Jakarta, Sabtu (27/5/23).

Jakarta / Chakranews.id- Prof Itje, mengajukan bersama negara lain itu namanya multi nasional nomination atau joint nomination. Sangat disarankan Unesco untuk dilakukan oleh negara negara anggota Unesco untuk mengajukan warisan budayanya bersama sama negara lain yang budaya serupa. Dalam hal ini Belanda akan menggandeng Indonesia ini adalah upaya yang bagus sekali karena budaya sedot papeda akan dikenal dunia, imbuhnya.

Menurut Prof Itje, sebenarnya multi national nomination atau nominasi bersama ini sudah dilakukan untuk pantun. Pantun sudah diinskripsi

oleh Unesco Indonesia bersama Malaysia. Kemudian pada tahun ini juga diajukan joint nomination kebaya dengan lima negara Asean lainnya. Ini bagus sekali karena persaudaraan sesama negara negara Asean akan terjalin makin erat seperti semangat Asean.

Momen pengajuan bersama tersebut juga merupakan upaya Indonesia untuk mempererat kerjasama di bidang kebudayaan antar negara dan mempererat solidaritas sebagai sesama anggota ASEAN, paparnya.

Selain itu, Kolintang akan diajukan juga multi national dengan beberapa negara Afrika untuk diajukan sebagai warisan budaya bersama, tuturnya.

Komisi Nasional Indonesia untuk Unesco (KNIU) adalah sebuah lembaga diluar pemerintah yang tugasnya adalah menjembatani antara Unesco dan Indonesia atau antara Indonesia dan unesco. Jadi kalau ada apa apa yg terjadi berurusan dengan Unesco, Indonesia harus melalui KNIU, terangnya.

Sebagai salah satu negara anggota UNESCO, Indonesia telah secara aktif melaksanakan aktivitas inskripsi untuk pengakuan internasional atas kekayaan budaya yang dimilikinya.

Indonesia sebagai negara yang kaya akan keanekaragaman, memiliki berbagai warisan budaya dan alam yang harus dilestarikan. Bahkan sebagian dari warisan yang dimilikinya di antaranya saat ini sulit untuk ditemukan. Oleh sebab itulah pemerintah sedang mengupayakan sejumlah warisan budaya Tanah Air untuk dikenalkan ke dunia internasional.

UNESCO merupakan organisasi Internasional yang bergerak pada bidang pendidikan, ilmu pengetahuan dan kebudayaan.

( Rudi )

Avatar photo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *