Breaking News

Meningkatkan Bakat dan Sportifitas Peserta Didik UKAW Kupang Gelar Turnamen Futsal

 

NTT  | ChakraNews,id – Dalam rangka menumbuhkan sikap sportif, melatih bakat dan minat peserta didik dalam bidang olahraga, serta menjalin persahabatan antara Universitas, maka Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi (PJKR) Universitas Kristen Artha Wacana (UKAW) Kupang mengadakan Turnamen Futsal Antar Universitas (Putra dan Putri) yang ada di Kota Kupang dan Kabupaten.

Kegiatan ini bertema “Meningkatkan Bakat dan Sportifitas Peserta Didik dalam Berprestasi” yang akan memperebutkan piala Kepro PJKR Cup I. Kegiatan tersebut akan diselenggarakan pada Jumat, 09-24 Juni 2023.

Ketua Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi (Kepro PJKR) Ramona M. Mae, S.Pd.,M.Or mengatakan bahwa tujuan dari kegiatan Futsal Kepro PJKR Cup I sebagai ajang promosi Universitas Kristen Artha Wacana (UKAW) Kupang dengan keragaman fakultas.

“Kemarin saat masa pandemi covid 19 melumpuhkan semua sektor pembangunan terutama perekonomian menjadi lumpuh yang mengakibatkan jumlah mahasiswa baru pada masa pandemi sangat merosot tidak sesuai target yang diharapkan. Setelah semua aktivitas sudah normal kembali, kami berupaya untuk menarik minat dari adik-adik yang baru tamat SMA/SMK yg ingin melanjutkan pendidikan ke Perguruan tinggi,” ujarnya.

Lanjut, ia menjelaskan momentum penerimaan mahasiswa baru menjadikan turnamen ini sebagai indikator bahwa olahraga di UKAW juga menjadi perhatian dan untuk siswa yang ingin melanjutkan pendidikan di bangku kuliah diharapkan untuk menjadi bagian dari UKAW dengan keragaman fakultas yang bisa dipilih oleh siswa.

“Apabila mau melanjutkan pendidikannya di PT di luar NTT dengan prodi yang sama, kenapa harus keluar, kalau di dalam daerah sendiri ada prodi yg dimaksud, biaya lebih murah dan SDM pada prodi kami sangat mumpuni,” tandasnya.

Lebih lanjut Ketua Program Studi PJKR bahwa, pihaknya siap sedia untuk mengakomodir dan mendidik calon mahasiswa yang nantinya berkuliah ambil jurusan PJKR.

“Jika dalam pertandingan berlangsung selama beberapa hari dan ada pelajar yang ingin berkuliah disini kami siap untuk mengakomodir dan mendidik mereka untuk menjadi guru, pelatih, dan instruktur sehingga kelak dapat menjadi pemimpin yang berkualitas,” tambahnya.

Dijelaskannya juga keterlibatan Universitas lain juga sebagai ajang silaturahmi, menjalin persaudaraan lewat kegiatan open Turnamen Futsal Kepro PJKR Cup I.

“Sebagai orang-orang muda, kita adalah tulang punggung bangsa dan negara. Selain itu turnamen ini juga sebagai ajang meningkatkan minat dan bakat dalam bidang olahraga futsal. Jika sukses dalam kegiatan-kegiatan seperti ini maka kedepan akan menjadi atlet yang berprestasi dan mengharumkan nama negara, tidak hanya itu bisa juga membanggakan orang tua,” kata Ramona Mae.

Ramona Mae juga membeberkan bahwa Hasil audit dari Lembaga Akreditasi Mandiri Pendidikan (LEMDIK) PJKR UKAW mendapat Predikat Baik Sekali, “Bagi orang tua yang ingin menitipkan anaknya untuk menimba ilmu di Prodi PJKR UKAW kami siap untuk mendidik mereka dan menjadikan mereka orang-orang hebat juga lulusan yang terbaik yang dapat bersaing dengan lulusan dari Universitas lainnya,” harapnya.

Sementara itu ketua panitia, Gaudensius Ismau mengaku senang karena menurutnya kegiatan seperti ini sangat membantu mahasiswa untuk meraih pengalaman yang berharga. Dia juga berharap agar turnamen ini dapat memberikan kesan yang baik bagi rekan-rekan mahasiswa.

Ia juga berharap, “Semoga turnamen yang akan digelar dapat berjalan lancar dan tidak terjadinya berbagai kerusuhan yang dapat membatalkan kelanjutan dari kegiatan tersebut,” harap Mahasiswa Aktif Semester IV itu.

Diketahui bahwa saat ini clubs yang sudah mendaftar untuk terlibat dalam turnamen berhadiah fantastis 45 juta ini antara lain; Tim Putra dari Perguruan Tinggi sebanyak 45 tim, Sementara Tim Putri 5 tim dan Tim Putra SMA/SMK sebanyak 7 dan putri sebanyak 2 tim. Panitia juga masih buka pendaftaran bagi para pelajar SMA/SMK yang belum mendaftar. (thomas)

Avatar photo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *