Breaking News

LMK RW.10 Kelurahan Sunter Agung Gelar Aktifitas Literasi Berbasis Masjid

 

Jakarta | ChakraNews.id – Lembaga Masyarakat Kelurahan (LMK) RW.10.Kelurahan Sunter Agung menggelar Aktifitas Literasi Berbasis Masjid, Sunter Agung, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Sabtu, 08 April 2023.

Giat yang diinisiasi Ratmono selaku anggota LMK Sunter Agung dari RW.10 ini sekaligus memupuk pemberdayaan jamaah masjid tingkat pelajar dan mahasiswa yang mana diikuti antusias oleh peserta yang didominasi anak SD menyusul SMP dan mahasiswa.

Dari Teras Masjid Jami’ Nurul Wathan, Jl. Agung Barat 8 RW.10 Sunter Agung, tempat berlangsungnya kegiatan ini, di depan awak media ChakraNews, inisiatornya, Ratmono, mengemukakan alasannya menggelar acara.ini.

“Saya melihat pelajar dan mahasiswa masih perlu ditingkatkan ibadahnya, oleh sebab itu literasi berbasis masjid ini kami upayakan, hingga peserta ini bisa terus belajar dan belajar dan ibadah juga tetap berjalan,” jelas Ratmono.

Disamping itu, kata Ratmono, pemberdayaan jamaah masjid ini meningkat dan berniat melebarkan giat literasi ini sewilayah Sunter Agung yang terdiri dari 20 RW.

“Ini sangat bagus, karena bertepatan dengan 17 Ramadhan dimana hari turunnya Alqur’an dengan surat pertama adalah perintah membaca, Iqro,” kata Daamin mantan LMK RW.10.

Sementara ibu Jufri warga setempat yang hadir menyaksikan anak-anak peserta, berpendapat dengan adanya kegiatan ini semoga anak-anak jadi tertarik yang mana jaman sekarang lebih senang main hp atau game daripada baca buku.

“Suka aja, melatih anak-anak bekerja sama, bersahabat, mudah-mudahan dengan adanya begini, jadi tertarik,”ungkap ibu Jufri yang sempat juga membaca sebuah buku.

Acara inipun turut diapresiasi oleh LMK RW.02, Marmo,

“Menurut saya bagus bagi anak pelajar dan mahasiswa untuk mengikuti aktifitas literasi ini, khususnya yang ada (sekitar) masjid Nurul Wathon, di eilsyah RW.010. saya sangat mengapresiasi, semoga dapat diterima oleh masyarakat,”ucap Marmo.

Ini, lanjut Marmo, salah satu kegiatan kita, agar menjadi sebuah wasilah untuk menegakkan LMK dalam hal ini mitra kelurahan dan RW agar lebih dekat dengan masyarakat.

Dari pantauan media ini di lokasi, tampak mobil perpustakaan keliling dari Sudin Perpustakaan dan Kearsipan Jakarta Utara melayani peminjaman buku oleh para peserta.

“Baik, baca buku bersama, boleh datang lagi,” kata Hamzah, salah seorang peserta.

Arif, pelajar kelas 1 SMA juga berpendapat bagus karena bisa menambah wawasan.

Peran guru-guru di wilayah yang terlibat dalam aktifitas ini tampak membimbing dan mengarahkan para peserta yang berjumlah kurang lebih 60 anak.

Turut hadir Dr. Ratiyono, MS.i., Penasehat, Prof. Otto Ongkosongo; Pengarah, Eko P. Ketua DKM Jami’ Nurul Wathan, Ketua Rw.10 SA diwakili Ustadz Hery, H. Resmana dan Bambang, SH, Pengurus Masjid, LMK RW.02, Marmo, LMK RW.09, Darman dan LMK RW.11, Dessy Contessa, dari Kelurahan Sunter Agung Adam dan Ipung, peninjau. (dar).

 

 

 

 

 

 

 

 

Avatar photo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *