Breaking News

Kuatkan Pelayanan kesehatan di Desa Terpencil, Dinkes TTS,Tempatkan TKD di Desa Tunis

Serah Terima TKD di desa Tunis

 

Berita daerah,ChakraNews.id,-TTS,-NTT,Hari ini, (Jum’at, 13 Januari 2023), bertempat di Kantor Desa Tunis, Kecamatan Fautmolo, telah dilakukan Serah Terima Tenaga Kesehatan Desa (TKD) oleh Kepala Puskesmas (Kapus) Nunuhkniti bersama Pemerintahan Desa Tunis.

Pantauan media ini,Kegiatan ini mulai berlangsung sekira pukul 09.00 pagi hingga selesai yang dihadiri oleh Kapus bersama beberapa staf Nakes, Kepala Desa Tunis bersama seluruh aparat pemerintahan desa, tokoh masyarakat, tokoh adat, TKD yang baru dan beberapa keluarga dari Nakes yang baru ini.

Kegiatan serah terima ini dibuka oleh Sekertaris Desa Tunis dan diawali dengan penerimaan secara adat yang dibawakan oleh tokoh masyarakat dan tokoh adat Desa Tunis dan dilanjutkan dengan sambutan – sambutan.

Kepala Desa Tunis Bapak Yefta Betti dalam arahannya mengucapkan proficiat dan selamat datang kepada TKD yang baru Risto Mone, S.Kep., Ns., serta berharap semoga dengan kehadiran TKD di Desa Tunis dapat membawa pelayanan kesehatan yang lebih baik bagi masyarakat Desa Tunis.

Saya bersyukur dan berterima kasih bahwa kehadiran TKD yang baru ini bisa meningkatkan pelayanan kesehatan yang lebih baik di desa dan semoga ada kerja sama serta koordinasi yang jelas dalam segala hal dengan semua pihak karena TKD ini dibiayai oleh ADD”, bebernya.

Kapus Nunuhkniti Ibu Sofia Benufinit, SKM., juga dalam sambutannya menyatakan bahwa TKD yang baru ini merupakan Nakes yang layak dan profesional karena telah menyelesaikan pendidikan profesi (S.Kep., Ns).

Saya mengharapkan kerja sama yang baik, koordinasi dan komunikasi dari para TKD, Pemerintah Desa dan semua Nakes karena ada hal-hal yang tidak bisa di tangani di tingkat Polindes maka harus ada rujukkan ke Puskesmas sesuai tingkat kasus dari setiap pasien. Begitu pula di Puskesmas, bila pasien membutuhkan rujukkan ke RUSD karena membutuhkan pelayanan ekstra, maka itu harus dilaksanakan demi keselamatan pasien dan efektifitas pelayanan”, lanjutnya.

Mengakhiri sambutannya, Kapus Nunuhkniti menekankan agar TKD yang baru ini harus melakukan kontrol yang menyeluruh kepada masyarakat setiap saat karena Desa Tunis adalah salah satu desa yang memiliki kasus TBC yang sangat tinggi. “TBC merupakan penyakit menular sehingga kita perlu melakukan langkah – langkah preventif agar mengurangi penularan yang lebih luas” ,ungkapnya.

(TT/DT/(*)

 

Avatar photo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *