Breaking News

Komandan Lanal Bintan Pastikan Kapal Yang Alami Kebakaran di Perairan Berakit Tidak Ganggu Alur Pelayaran

TNI AL, Bintan / Chakranews.id— Komandan Lanal Bintan Letkol Laut (P) Eko Agus Susanto, S.E., M.M., memastikan kebakaran kapal tersebut tidak mengganggu alur pelayaran dalam insiden terbakarnya Kapal Cargo Layar Anggun 8 Anzibar di Perairan Utara Tanjung Berakit pada posisi 0122 87 N 104 32 47 E, Rabu (17/04/2024).

Berdasarkan informasi dari Basarnas Tanjung Pinang yang mendapat informasi dari MRCC Singapura bahwa Kapal Layar Anggun 8 Anzibar adalah kapal jenis Cargo berbendera Tanzania, yang mengalami kebakaran pada hari Selasa 16 April 2024 sekira pukul 14.15 WIB, di Perairan Utara Pulau Bintan.

Menurut informasi dari nelayan Desa Berakit saat kembali dari memancing bahwa sekira pukul 15.45 WIB melihat Kapal Cargo Layar Anggun 8 Anzibar buritannya terbakar (terlihat asap mengepul). Demikian juga anggota Pos TNI AL Tanjung Berakit, melihat dari utara Tanjung Berakit terlihat secara visual, jarak 1 Mil dari Utara Tanjung Berakit bahwa benar adanya Kapal Cargo Layar Anggun 8 Anzibar buritannya terbakar (terlihat asap mengepul).

Unsur SAR Laut yang turut serta melaksanakan pengamanan antara lain, Patkamla RHIB III Lanal Bintan, KRI Lepu-861, KN Sarotama P.112, KN Rantos P.210, serta Personel Posal Tanjung Berakit Lanal Bintan.

Dari hasil pengumpulan data oleh Personel Pos TNI AL Tanjung Berakit saat melaksanakan pengecekan dan pemantauan dari laut diperoleh keterangan kapal tersebut tidak berawak dan hanyut pada saat mengalami kebakaran serta kapal dalam kondisi kandas diatas karang di perairan tersebut.

Menurut informasi dari Basarnas bahwa ABK kapal berjumlah 12 orang dipastikan selamat dalam peristiwa tersebut dan telah dievakuasi oleh Coas Guard Singapura saat terjadi kebakaran.

 

(Pen Lanal Bintan)

Avatar photo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *