Breaking News

KEPALA LAPAS ADE AGUSTINA DAN JAJARANNYA IKUTI KEGIATAN OPINI MELALUI DARING DALAM KEMANFAATAN NATURALISASI 

 

Jakarta | Chakranews.id — Bertempat di ruang kerja masing-masing, Ade Agustina, A.Md.I.P.,S.H., Kepala Lapas Perempuan Kelas IIA Jakarta beserta jajaran mengikuti Kegiatan Opini Kebijakan Nilai Kemanfaatan Naturalisasi Berdasarkan Pasal 20 Undang-Undang Kewarganegaraan yang diselenggarakan oleh Kantor Wilayah Kemenkumham DKI Jakarta dan Badan Strategi Kebijakan Hukum dan HAM RI, Senin, 19/06/2023.

Kegiatan tersebut dibuka oleh Ibnu Chuldun, Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham DKI Jakarta. Dalam kesempatan tersebut ia mengucapkan

“Terima kasih kepada Narasumber yang hadir dan Peserta yang antusias mengikuti kegiatan Opini Kebijakan,” tuturnya.

Kegiatan secara resmi dibuka oleh Ambeg Paramarta, Kepala Bidang Strategi Kebijakan Hukum dan HAM.

Dengan dipandu oleh seorang moderator Dr. Juwita, SH, MH, Dosen Sekolah Tinggi Ilmu Hukum IBLAM Jakarta.

Adapun Narasumber dalam kegiatan tersebut ialah Eko Noer Kristiyanto, SH, MH, Analis Kebijakan Ahli Madya, Drs. Sanusi, MH, Kepala Biro Hukum dan Kerjasama RI, Nur Widyastanti, SH, MH, Dosen Hukum Tata Negara Fakultas Hukum Universitas Indonesia, Dr. Lisda Syamsumardian, SH. MH, Kepala Satuan Jaminan Mutu Universitas Pancasila.

Naturalisasi terbagi ke dalam dua kategori yaitu naturalisasi biasa dan naturalisasi istimewa.

Naturalisasi biasa adalah naturalisasi yang dilaksanakan berdasarkan permohonan seseorang untuk memperoleh kewarganegaraan RI. Berikut syarat untuk memperoleh kewarganegaraan RI menurut Pasal 9 UU Nomor 12 Tahun 2006: Telah berusia 18 tahun atau sudah kawin.

Pada waktu pengajuan permohonan, orang yang bersangkutan sudah bertempat tinggal di wilayah negara RI paling sinkat lima tahun berturut-turut dan paling singkat 10 tahun tidak berturut-turut.

Sehat secara jasmani dan rohani. Dapat berbahasa Indonesia serta mengakui dasar negara Pancasila dan Undang-Undang Dasar (UUD) 1945. Tidak pernah dijatuhi pidana karena melakukan tindak pidana dengan ancaman pidana satu tahun atau lebih. Tidak memiliki kewarganegaraan ganda setelah memperoleh kewarganegaraan RI.

Mempunyai pekerjaan atau memiliki penghasilan tetap. Bersedia membayar uang kewarganegaraan ke kas negara. Orang asing yang memenuhi syarat seperti dijelaskan dalam Pasal 9 UU No 12 Tahun 2006, dapat mengajukan permohonan pewarganegaraan kepada presiden melalui menteri.

Naturalisasi istimewa adalah proses pewarganegaraan yang diberikan negara kepada seseorang karena dinilai telah berjasa kepada negara. Naturalisasi istimewa tidak dapat diberikan kepada seseorang yang jika setelah pemberian kewarganegaraan RI mengakibatkan seseorang tersebut berkewarganegaraan ganda.

Contoh naturalisasi istimewa adalah pemberian kewarganegaraan kepada olahragawan atau atlet yang berjasa bagi negara dan telah memiliki prestasi yang mengharumkan negara Indonesia.

Narasumber pertama, Eko menjelaskan mengenai Naturalisasi Atlet melalui Pasal 20 UU Nomor 12 Tahun 2026 Kewarganegaraan. “Setiap orang asing yang telah berjasa kepada negara RI dapat diberikan kewarganegaraan RI oleh presiden setelah memperoleh pertimbangan Dewan Perwakilan Rakyat “. Ujarnya

Dan Ia juga memaparkan bahwa ada 2 syarat pemberian kewarganegaraan RI yakni telah berjasa kepada Negara dan untuk kepentingan negara.

Setelah itu dilanjutkan dengan pemaparan oleh Narasumber kedua, Sanusi. Ia menyoroti nilai kemanfaatan naturalisasi atlet. Ia membagi nilai kemanfaatan menjadi 2 yaitu manfaat jangka pendek dan jangka panjang. Dalam manfaat jangka pendek, naturalisasi atlet membuat kompetis/liga domestik menjadi kompetitif. Sedangkan manfaat jangka panjang dari naturalisasi ialah transfer knowledge olahragawan asing dengan olahragawan Indonesia.

Selanjutnya Narasumber Ketiga, Nur Widyastanti memaparkan mengenai Kewarganegaraan Istimewa Implikasi Bagi Kesejahteraan Negara. Sedangkan Narasumber terakhir, Lisda memaparkan mengenai Naturalisasi dalam Perspektif Kedaulatan Negara.

Setelah Pemaparan dari Narasumber, acara dilanjutkan dengan tanya jawab.

( Raimon R )

Avatar photo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *