Breaking News

Jakarta, Menghadapi bulan suci Ramadhan Bunda Milineal menggelar acara ngabuburit atau kegiatan yang dilakukan untuk menunggu waktu buka puasa dengan mengadakan ngobrol santai (ngobras) bersama bintang tamu seorang psikolog Dra. A. Kasandra Putranto di Jakarta, Senin (10/4/23).

 

 

Chakranews.id Jakarta -Bunda Milenial itu sendiri merupakan sebuah komunitas Ibu-ibu yang selalu berkebaya dalam kegiatannya karena cinta budaya Indonesia dan mengusung visi misi budaya, sosial dan kemanusiaan.

 

Ketua Umum Bunda Milenial Sisca Rumondor mengatakan memasuki tahun 2023 Bunda Milineal terlibat dalam beberapa kegiatan sosial yang berhubungan dengan para konten kreator atau para YouTuber anak anak muda, mereka meminta keterlibatan Bunda Milineal. Kami hadir di kisah kisah yang cukup mengejutkan ternyata ada peristiwa ibu -ibu atau perempuan yang sudah seusia kami mengalami depresi kemudian dikategorikan ODGJ, imbuhnya.

 

 

 

Lanjut Sisca, kami mengadakan ngobrol santai bersama dengan seorang psikolog. Minimal kita mendapatkan arahan atau informasi karena kita orang awam. Mudah mudahan apa yang kami lakukan sore ini bisa bermanfaat bagi kami yang menjalankan atau bagi siapapun yang mendengarkan acara atau kisah di setiap channel para konten kreator yang saat ini sedang giat sekali mengadakan aksi sosial, aksi kemanusiaan di berbagai tempat, bebernya.

 

 

 

Untuk aksi sosial dan kemanusiaan kita akan terus dijalankan. Siapapun yang meminta pertolongan dari kami seperti pada saat ini ada seorang bayi mempunyai cacat lahir Usia 6 bulan yang bernama Ana mempunyai cacat kerongkongannya buntu tidak bisa mendapatkan asupan minuman susu. Bagaimana menolongnya ternyata sulit sekali. Jadi hal- hal yang kadang kadang kita tidak tahu di masyarakat, Bunda Milineal Hadir disitu, terang Sisca Rumondor yang penampilannya selalu berkebaya.

 

 

 

Bersama dengan konten kreator peduli, kita lagi dampingi bayi mempunyai cacat dari lahir tersebut. Bagaimana seorang bayi minum susu dari perut dilubangi pakai selang kemudian lehernya juga dilubangi untuk mengeluarkan air liur dan itu sangat menyedihkan. Melihat seorang bayi begitu banyak luka luka dan kesakitan tapi dia tidak bisa apa-apa. Dalam waktu dekat Bunda Milineal akan berkunjung ke rumahnya.

 

 

 

Mudah-mudahan yang kami lakukan ini bisa bermanfaat bagi siapapun yang melihat dan terutama bagi orang yang sedang kita dampingi seperti itu. Jadi tetap dukung saja kegiatan kami bunda milenial di semua media sosial yang sudah kami sampaikan disemua channel baik di YouTube, Instagram maupun di Tik tok. Kami tetap menginformasikan apapun yang kami kerjakan di bidang sosial dan kemanusiaan seperti itu, jelasnya.

 

 

 

Memasuki awal tahun 2023 mulai bulan Januari ada kisah Tiko dengan ibu Eni sampai sangat viral, pada saat itu ada komunitas ibu berkebaya hadir disana. Sisca Rumondor jadi sorotan usai aksinya yang berhasil membawa Pemadam Kebakaran untuk membantu membersihkan rumah mewah terbengkalai yang ditinggali Tiko dan Ibu Eny. Kemudian ada kasusnya Ibu Mira selama 20 tahun hidup sendirian dengan rumah yang penuh sampah. Kita membantu disana dengan sosial dan aksi kemaanusiaan.

 

 

 

Sementara itu Psikolog klinis dan forensik A. Kasandra Putranto mengatakan sangat mendukung Bunda Milineal berkolaborasi dalam membuat konten konten yang positif yang tentu saja bisa membuat terang, mencerahkan pemikiran orang, menggerakkan hati, meringankan langkah dan akhirnya kita bersama sama membantu untuk menurunkan jumlah ketidaksehatan mental di Indonesia.

 

Lanjutnya, saya sangat mendukung Ibu Sisca karena kontennya atau agendanya terutama adalah untuk pengabdian sosial. Karena berangkat dari sebuah kepedulian dan memang ini juga salah satu yang menjadi fokus perhatian kami psikolog klinis tidak hanya saya secara pribadi tapi juga sebagai anggota dan pengurus pusat dari ikatan psikolog klinis Indonesia. Masalah ketidaksehatan jiwa masyarakat memang sudah meningkat, berdasarkan data riset kesehatan dasar yang terakhir. Dengan acara ini saya berharap tentu akan lebih banyak orang yang terbuka tidak hanya hatinya, matanya dan semuanya.

 

 

 

Kita membantu sesama apabila ketika mereka berada dalam kesulitan yang tentu saja dengan adanya dukungan dari Bunda Milineal. Misalnya kalau ada gerakan saya berharap kami dari psikolog klinis dilibatkan. Semakin banyak sumber daya terlibat tentu segala pengabdian, segala gerakan kita lakukan bersama-sama semoga mendapatkan ridho Allah dan mendapatkan manfaat yang semaksimal mungkin untuk masyarakat. Karena ini satu hal yang sangat penting untuk dilakukan bersama-sama. Sekecil apapun peran kita membuat konten konten bisa mengimbangi konten konten negatif yang dibuat diluar sana.

 

 

 

Masalah masalah psikososial di Indonesia memang menjadi pekerjaan rumah (PR). Kalaupun misalnya kita mendampingi menangani membantu bagaikan deret ukur. Jumlah psikologpun terbatas, saya senang beberapa Bunda Milineal yang ternyata anaknya pun psikolog berarti akan menjadi masa depan menjadi tenaga psikolog klinik handal yang diharapkan bisa membantu meringankan masyarakat yang mendapatkan gangguan jiwa.

 

 

 

Saya berharap bahwa ini tidak hanya menjadi retorika biasa. Kami dari psikolog klinis pasti suka dan mau melakukannya. Karena ini bagian dari pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh para psikolog klinis. Kami bisa mendapatkan perpanjangan ijin praktek kalau ada quota untuk pengabdian sosial harus dilakukan. Kegiatan ini bisa ada kelanjutannya, tutupnya.

 

 

Dra. A. Kasandra Putranto, Psikolog Klinis Forensik. Psikolog lulusan dari Universitas Indonesia.Melakukan praktek 30 tahun sebagai psikolog klinis dan 20 tahun sebagai psikolog forensik.

 

 

Beliau mendirikan Kasandra & Associates pada tahun 1997 yang kliniknya berada di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Kasandra & Associates ini menyediakan layanan profesional di bidang psikologi, seperti asesmen atau psikotes, konseling, pelatihan, serta layanan forensik oleh berbagai ahli.

( Rudi )

Avatar photo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *