Breaking News

Indonesia Fashion Parade 2023 (Rejuvenation) : Daur Ulang Fashion Lama menjadi Trendy UU Untuk Model Go Internasional 

 

Jakarta, Chakranews.id – Minggu (26/02/2023), pukul 14.30 wib, bertempat di Hotel All Seasons, Thamrin, Jakarta Pusat, diadakan acara konferensi pers mengenai persiapan event Indonesia Fashion Parade 2023 di bulan Juni tepatnya di Jakarta.

Acara mengusung tema “Rejuvenation (proses peremajaan busana yang bertujuan untuk busana tersebut bisa kembali dipakai) dan sesuai dengan mode saat ini.

Acara berlangsung menampilkan beberapa design dari para designer Indonesia seperti Sonny Muchlison , Hikmawati Arsiyd , Linda Panggabean , Arlinawati , Dewi Marda , Tru Fatmah, Indah Darry, Athan Siahaan, M Rizky Jumbriyono, Sari Soentoro, Ukke Wahyu.

Acara berlangsung dengan menggelar fashion show yang menampilkan karya busana. Juga menampilkan design, guna memajukan etnik Indonesia.

Athan Siahaan (panitia IFP 2203 “Rejuvenation”),”Kami mengambil tema ini, mendapat masukan dari rekan-rekan perancang model. Kita mendengar isu bahwa Indonesia termasuk penyumbang sampah fashion terbanyak. Oleh karena itu kami ingin membuat fashion ini yang bisa di rejuvenation,” ujarnya.

Sonny Muchlison (Penasihat Rejuvenation),”Kontribusi rekan-rekan, bikin karya namun jangan bikin sampah. Kita bisa mencoba mengolah bahan-bahan sisa dari pakaian. Berkarya jangan sampai meninggalkan sampah. Sampah sisa bahan kain, bisa kita daur dibuat baju dan nanti kita tampilkna di Indonesia Fashion Parade 2023.”

“Kita mencoba buat baju dari baju bekas, dari materi kita sendiri, bukan sampah luar. Kita juga membantu para pelajar di sekolah-sekolah mode atau kejuruan agar bisa me-rejuvination, ” pungkasnya.

Indah Darry (designer), “Konsep saya sesuai tema, story of beach. Tema itu saya blend dari design saya tahun 2018 lalu,”pungkasnya.

M Risky (Designer dari Palangkaraya/Kalimantan Tengah),” Saya modif pakaian yang sudah tidak terpakai, saya design ulang sesuai khas Kalimantan Tengah. Saya daur ulang baju 10-15 tahun yang lalu menjadi baju dengan design baru, ” pungkasnya.

Linda Panggabean (Design dari Sumatera Utara), ” Saya menampilkan kain tenun ulos dari khas Batak. Kain yang tampilkan sesuai budaya batak. Lewat IFP 2023, kain sadung dan ulos bisa dimodifikasi kembali sesuai mode saat ini, ” pungkasnya.

Rencananya nanti event Indonesia Fashion Parade 2023 “Rejuvenation” Akan berlangsung pada bulan Juni 2023 di Jakarta.  (dar/lin).

Avatar photo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *