Breaking News

ICMI Gelar Ulumul Quran Summit Perdana di Kegiatan Ramadham 1445 H

Jakarta / Chakranews.id— ICMI Gelar Ulumul Quran Summit Perdana di Kegiatan Ramadham 1445 H Sebagai negara dengan populasi muslim terbesar, Indonesia memiliki peran strategis dalam mendorong pembangunan keberagamaan yang moderat, sejahtera, dan berkemajuan. Keberagaman agama dan budaya yang kaya di Indonesia menuntut pendekatan yang inklusif dan progresif dalam mengelola nilai-nilai keagamaan. Dalam konteks ini, Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) memegang peranan penting sebagai agen yang mempromosikan pemahaman agama yang moderat dan toleran.( 29 Maret 2024 )

Hal ini menjadi dasar penting dalam memandang peran Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) dalam membangun peradaban Islam yang berkualitas di Indonesia. Dalam konteks ini, ICMI hadir sebagai platform yang menghubungkan para cendekiawan Muslim untuk berkolaborasi dalam merumuskan strategi dan kebijakan yang berlandaskan pada nilai- nilai Islam yang moderat dan progresif.

Perjalanan panjang membangun Indonesia memerlukan pengelolaan nilai-nilai agama sebagai landasan bagi semangat kebangsaan yang kuat. ICMI, sebagai organisasi yang menghimpun intelektual muslim, memiliki tanggung jawab besar dalam mengartikulasikan peran agama dalam memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa. Dengan demikian, ICMI tidak hanya berperan dalam mengembangkan pemikiran keislaman yang inklusif, tetapi juga mempromosikan perannya menuju Indonesia Emas 2045.

Tantangan besar seperti bonus demografi dan disrupsi teknologi menambah kompleksitas dalam mencapai visi pembangunan jangka panjang. Solidaritas antara masyarakat dan pemerintah diperlukan untuk menghadapi tantangan-tantangan tersebut, termasuk dalam memaksimalkan pembangunan bidang agama. Dalam hal ini, ICMI memiliki peran krusial dalam memfasilitasi dialog dan kolaborasi antara pemerintah, masyarakat, dan lembaga keagamaan untuk mencapai tujuan bersama dalam pembangunan berkelanjutan. keberagamaan yang Melalui keterlibatan aktifnya, ICMI turut berkontribusi dalam memperkuat tata kelola kehidupan berbangsa dan bernegara. ICMI bukan hanya menjadi wadah bagi para cendekiawan Muslim Indonesia untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman, tetapi juga menjadi motor penggerak dalam mendorong inovasi dan reformasi di berbagai sektor kehidupan masyarakat. Dengan demikian, peran ICMI tidak hanya terbatas pada dimensi keagamaan semata, tetapi juga mencakup aspek-aspek lain dari pembangunan nasional.

Dalam rangka mencapai visi pembangunan yang lebih luas, ICMI juga berperan dalam menggalang kerjasama lintas sektoral. Kolaborasi antara ICMI dengan lembaga-lembaga pendidikan, pemerintah, industri, dan masyarakat sipil menjadi kunci untuk merumuskan dan mengimplementasikan kebijakan yang holistik dan berkelanjutan. Dengan demikian, ICMI tidak hanya menjadi perpanjangan tangan para cendekiawan Muslim, tetapi juga menjadi poros utama dalam membangun peradaban Islam am yang inklusif, progresif, dan berdaya saing di Indonesia.

Kami menyambut baik terlaksananya Summit Jurnal Ulumul Qur’an. Ini adalah momentum bersama menghadirkan semangat dan kerja sama yang kokoh antar para pihak. Dengan dukungan SDM yang mumpuni, kami berharap rencana pembangunan Nasional bidang agama segera dapat diimplementasikan dalam program kerja Kementerian Agama.

( Rudi )

Avatar photo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *