Breaking News

Dosen Unimed Bantu Petani Jagung Desa Sei Rotan Melalui Program PKM

 

Deli Serdang | ChakraNews.id Tim PKM (Pengabdian Kepada Masyarakat) Unimed melakukan kegiatan pemberdayaan petani jagung di kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang Kamis 8 Juni 2023.

Tim yang terdiri dari Bisrul Hapis Tambunan, ST, MT., Prof. Dr. Harun Sitompul, M.Pd, dan Dr. Dina Sarah Syahreza, SE. M.Si. memberikan bantuan alat pemipil jagung portable yang mudah di gunakan dimana saja atau berpindah-pindah.

Bisrul Hapis Tambunan selaku ketua Tim, menjelasakan, selama ini para petani jagung yang lahannya kecil di daerah ini memipil jagung dengan berbagai cara, misalnya dengan roda sepedan motor, roda sepeda, atau dengan tangan kosong, karena jika mereka bawa ke kilang pemipilan akan dikenakan ongkos atau bagi hasil. Hal ini akan semakin mengurangi pendapatan mereka sebagai petani kecil, sementara rata-rata hasil panen mereka hanya 500-700 kg. 

Dengan adanya bantuan mesin pemipil jagung portable ini diharapkan dapat mengurangi biaya produksi petani hingga dapat meningkatkan keuntungan mereka.Mesin ini juga dapat dipakai secara bergantian oleh anggota kelompok.

Dilain pihak Bapak Hoirun Gultom sebagai perwakilan petani jagung Desa Seirotan mengatakan, mereka sangat berterima kasih atas kegiatan ini,

“Kami baru tau bahwa ternyata kampus Unimed juga peduli dengan petani kecil” ujarnya.

Lebih lanjut Khoirun megatakan selama ini petani kecil di Desa Seirotan mendambakan sentuhan teknologi, namun kami tidak tau harus mengadu ke mana, mereka juga berharap kegiatan ini berkelanjutan, sehingga dapat menjawab kendala-kendala yang dihadapi para petani jagung secara konfrehensif. 

Kegiatan ini juga melibatkan mahasiswa yang menurut tim akan berguna untuk menumbuhkan sikap peduli sesama bagi mahasiswa. (tambunan/bisrul).

Avatar photo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *