Breaking News

DANSESKO TNI PIMPIN ROMBONGAN PASIS SESKO TNI PERLUAS CAKRAWALA PANDANG TENTANG SISTEM PERTAHANAN NEGARA-NEGARA DI KAWASAN 

PENHUMAS-SESKO TNI / Chakranews.id— Komandan Sesko TNI Marsda TNI Arif Widianto, S.A.B., M.Tr.(Han)., CHRMP, M.Tr.(Han)., para pejabat Sesko TNI dan Pasis Dikreg LII Sesko TNI melaksanakan Kunjung Kerja Luar Negeri (KKLN) ke Kantor Kedutaan Besar RI di Malaysia dan disambut langsung oleh Duta Besar Bapak Hermono, Senin (22/4/2024).

Kegiatan KKLN dilaksanakan selama 6 (enam) hari mulai tanggal 22 sampai dengan 26 April dengan negara tujuan Malaysia, Singapura, Kamboja dan Laos.

Dalam sambutannya, Komandan Sesko TNI menyampaikan tujuan dari kegiatan KKLN ini untuk memberikan pembekalan dan ketrampilan kepada Pasis agar dapat memahami dan mampu menganalisis sistem pertahanan negara lain/negara sahabat yang dikunjungi dalam menghadapi berbagai ancaman dan tantangan yang terjadi serta bagaimana keterkaitan dan pengaruhnya terhadap pengembangan sistem pertahanan negara Indonesia.

Selanjutnya hubungan kerjasama diplomatik dan kerjasama pertahanan kedua negara yang telah terjalin selama ini cukup baik. Hal tersebut tertuang dalam nota kesepahaman dan kerjasama pertahanan kedua negara, yaitu peningkatan kerjasama di bidang industri pertahanan, pendidikan dan latihan serta saling tukar menukar informasi antar pejabat militer kedua negara. Disamping itu, kedua angkatan bersenjata masing-masing negara hingga saat ini masih terus berupaya mencari peluang untuk dapat lebih mempererat kerjasama agar lebih optimal dan komprehensif guna mendukung kepentingan kerjasama pertahanan dan memantapkan kerjasama bilateral kedua negara.

Dansesko TNI berharap dengan kegiatan ini diharapkan dapat membekali para Pasis sesuai dengan tema KKLN yaitu sebagai sarana untuk meningkatkan dan memperluas cakrawala pandang Pasis tentang sistem pertahanan negara-negara di kawasan serta pengaruhnya terhadap pengembangan sistem pertahanan negara Indonesia. Pengetahuan tersebut dirasa sangat penting, guna mengembangkan potensi diri Pasis sebagai calon-calon pemimpin TNI-Polri dimasa depan. Kepada Pasis, agar benar-benar menyimak dan mencermati setiap informasi yang diberikan, data yang telah diperoleh jadikan sebagai acuan dan referensi yang valid, sehingga hasil produk naskah memiliki nilai guna dan manfaat sebagaimana yang diharapkan.

Acara dilanjutkan pembekalan oleh Dubes RI di Malaysia, tanya jawab dan pertukaran plakat. Disaat yang sama juga Komandan Sesko TNI beserta rombongan mengunjungi Kantor Kementerian Pertahanan Malaysia. Rombongan ke Malaysia ini berkekuatan 69 personel terdiri dari 17 organik Sesko TNI dan 51 Pasis Dikreg LII Sesko TNI.

 

(PENHUMAS-SESKO TNI)

Avatar photo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *