Breaking News

Bulan Suci Ramadhan, KKI GOR Sunter Agung Tetap Lakukan Latihan.

Jakarta | ChakraNews.id – Kushinryu M. Karate Do Indonesia (KKI) yang mengambil tempat latihan di GOR Sunter Agung, akan tetap melakukan latihan di bulan suci Ramadhan, sebagaimana diungkapkan Renshi Ratmono kepada awak media Chakra News, Jakarta Utara, Selasa, 21/3/2023.

“Selama bulan Ramadhan latihan hanya 1 x dalam seminggu yaitu pada jam 16.00.17.30, nomalnya 2 x seminggu ( Selasa dan Minggu) dengan jumlah 15 kohai (murid),” ujar Renshi Ratmono, pembina teknik, 5th Dan Karate Int’l of Kushinryu.

Adapun pelatihnya disebutkan Ratmono yaitu : Pelatih utama: Andika. Setiawan, Pelatih Sensei (Ss), Marcelo. Senpai: Alex dibantu Kohai,  Nirwan

Kohai (murid) dalam pelatihan ini adalah kelas setingkat SD sampai SMP yang sudah berlatih selama 6 bulan dari Oktober 2022 hingga Maret 2023 ini.

Ratmono lebih lanjut menguraikan materi pelatihan KKI kepada Kohainya yaitu:

1. Ki hon : tingkat dasar. (Pukulan tendangan dan tangkisan)

2. Bela.diri : Ippon komite.

3. Ju jitsu.

“Selain itu untuk.pembentukan karakter selain karate diberikan DO (siraman rohani), sebagai.jalan hidup” ujar Renshi Ratmono sekaligis pembina teknik Dan 5 Int’l. Karate kushinryu.

Dalam latihan di bulan Ramadhan, imbuh Ratmono, lebih ditekankan pada aspek DO, Ujian pertama Februari lalu dan lanjut ujian kedua di bulan November 2023.

Sabagaimana dilansir wahananews.co.id, pendiri KUSHIN RYU Karate Do Indonesia adalah Kiyotada Sannosuke Ueshima yang lahir pada tahun 1893 di wilayah Hyogo (Kobe) , di Kota Akou – Jepang.

Setelah berusia 3 tahun ia mulai belajar seni beladiri  (aliran Konshin Yujoyutsu) di Akademi Matsubara di Kota Akou dibawah bimbingan guru Kiyotaka

Menginjak usia 9 tahun  ia mulai  mengenal  Tuan Sugaya atau Jigaya.  Seorang pegawai kepolisian di kota Akou, ia seorang penduduk asli Okinawa. Dari dialah Ueshima mulai belajar  bentuk-bentuk Karate Kata Channan dan Kata Kushanku (Kata Channan merupakan dasar Kata Pian yang diciptakan Ankou Itosu , salah satu kata orisinil yang dikembangkan dan dirubah menjadi KATA PIAN).

Pada tahun 1918, saat berusia 25 tahun, Ueshima menerima gelar secara serempak  sebagai ahli aliran Konshin Yujoyitsu dari tangan Guru Matsubara  dan guru  Guikyo Masazi Akada  sebagai Guru terakhirnya  dan juga guru dari Matsubara sendiri.

Kemudian, Ueshima pindah ke kota Osaka, disana ia mulai membuka Akademi KonshiRyu Yujoyitsu.

Aliran perguruan KKI (Kushin Ryu M Karate-do Indonesia) lahir pertama kali di Bandung, Jawa Barat, pada tahun 1966. Organisasinya sendiri resmi berdiri setahun kemudian, tepatnya pada tanggal 11 April 1967. Aliran Kushin Ryu di Indonesia diperkenalkan oleh Sensei Horyu Sinya Matsuzaki, yang kini menyandang gelar sebagai Presiden Kushin Ryu Se-Dunia.

Kepengurusan pertama KKI dipercayakan kepada Letjen (Alm) Sarwo Edhi Wibowo dan Seno Hartono pada tahun 1967.

Menurut Renshi Ratmono, Sebelumnya, Sarwo Edhi, tahun 1966 mencari sosok ahli beladiri Jepang yang memiliki keahlian berbagai teknik, terpilihlah dari Jepang diutus Matsuzaki (26 th) seorang diri tujuannya untuk melatih militer saat itu, hingga beristrikan di Indonesia dari Kediri dengan anak-anaknya kelahiran Kota Bandung.

Selanjutnya, pungkas  Ratmono, melihat sosok orang Jepang itu (Matsuzaki),  mahasiswa ITB, diantaranya, Abu Rizal Bakrie,  meminta Matsuzaki juga melatih di ITB,
(dar).

 

 

 

 

 

 

Avatar photo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *